Antara Naluri dan Intuisi

Katanya… wanita itu dianugerahi naluri yang tajam yang sering juga disebut insting. Sering dengar naluri seorang ibu kan? Tapi kalau naluri ayah rasanya jarang banget.
Artinya, wanita memiliki porsi naluri lebih banyak daripada ayah. Bukan berarti ayah ga punya naluri, mereka punya hanya saja tidak setajam seorang ibu.Yang jelas sih, setiap manusia itu punya naluri. Artinya itu memang terjadi secara alami. Lalu, bagaimana dengan intuisi? Intuisi itu ga dimiliki oleh setiap orang. Saya kurang paham sih, apakah intuisi itu bisa diciptakan atau tidak. Intuisi itu sama atau tidak dengan yang namanya mata batin? hahahaa…. koq kesannya kaya dukun yah…
Ada sebagian orang yang memang dianugerahi naluri dan intuisi yang sama tajamnya. Beberapa mungkin ada yang memilikinya sebagai bakat dari alam, sementara ada juga yang memang sengaja melatih itu untuk keperluan dan keinginan mereka sendiri.
Indigo. Kira – kira sama tidak sih? atau bisa tidak orang indigo disebut sebagai orang yang memiliki intuisi yang tajam. Karena saya kurang mengerti dengan hal seperti itu… rasanya nanti dulu saja… nanti malah keluar dari konteks.
Saya, mmm… saya sering mengalami yang namanya pembuktian dari insting saya… jujur, saya agak menolak, menyangkal, mengabaikan. Kenapa? sebagian besar tentang hal yang tidak menyenangkan. Untungnya saya tidak memiliki intuisi,,, meskipun yah katanya intuisi itu penting dalam bisnis…
Saya hanya pura-pura tahu saja. hahhaaa…. tapi entahlah… belakangan banyak sesuatu hal yang memenuhi pikiran saya…
Entah apa ,, sama seperti waktu-waktu yang sudah – sudah… Saya bersikeras menolak. Ah, ini hanya perasaan saya semata, hanya sesuatu yang saya ciptakan sendiri di dalam benak saya…

Iyah,,, mulai deh ngelantur… ahaha… sekian dulu… saya takut semakin kesana kemari menulis sesuatu yang entah kemana tujuan nya…

Mungkin wikipedia bisa kasih pengertian yang lebih oke dari ocehan saya di atas, simak aja di bawah ini …. 😛

 

Naluri atau insting adalah suatu pola perilaku dan reaksi terhadap suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik). Dalam psikoanalisis, naluri dianggap sebagai tenaga psikis bawah sadar yang dibagi atas naluri kehidupan (eros) dan naluri kematian (thanos).

https://id.wikipedia.org/wiki/Naluri

Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, hal mana menunjang kesuksesan mereka. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. Tidak jarang, intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil.

Sampai saat ini dipercaya bahwa intuisi yang baik dan tajam adalah syarat agar seseorang dapat sukses dalam hidup. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak buku-buku mengenai kiat-kiat sukses selalu memasukkan strategi mempertajam intuisi.

intuisi dalam bahasa sederhana bisa diartikan getaran hati (jiwa) akan sesuatu hal (Causalitas) yang dihadapi atau yang akan terjadi. getaran hati atau mungkin bisa juga diartikan “perasaan” akan sesuatu (itu) muncul atau terasa. akal (sehat) berpikir dan berbicara (sehat) akan membuat hati/perasaan sehat (tenang) bgt pun sebaliknya.

https://id.wikipedia.org/wiki/Intuisi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s